Daftar Blog Saya

Jumat, 30 September 2011

STAY TOGETHER FOR THE KIDS (BLINK 182)

It's hard to wake up
When the shades have been pulled shut
This house is haunted
It's so pathetic
It makes no sense at all.
I'm ripe with things to say
The words rot and fall away.
If a stupid poem could fix this home
I'd read it every day.

So here's your holiday
Hope you enjoy it this time
You gave it all away
It was mine
So when you're dead and gone
Will you remember this night, twenty years now lost.
It's not right

Their anger hurts my ears
Been running strong for seven years
Rather than fix the problems, they never solve them
It makes no sense at all
I see them every day
We get along so why can't they?
If this is what he wants and this is what
she wants
Then why is there so much pain?

So here's your holiday
Hope you enjoy it this time
You gave it all away
It was mine
So when you're dead and gone
Will you remember this night, twenty years now lost
It's not right

So here's your holiday
Hope you enjoy it this time
You gave it all away
It was mine
So when you're dead and gone
Will you remember this night, twenty years now lost
It's not right x4

Selasa, 20 September 2011

Menuju Temaram (SID)

Lorong sunyi
tembok putih
selimut yang terlipat rapih
jejak langkah nan kian mendekat
inilah saatnya

kumenanti yang tercinta
cabut jarum dari denyut nadiku
semerbak mawar yang menghitam
jatuh kan terpendam

ooh sudah maafkanlah hati ini
sejuta mimpi yang tertunda
ku dengar malaikat bernyanyi
nyanyikan lagu tentang mimpi
mimpi indah yg kutinggalkan, kini
sebut namaku skali saja
ku kan slalu ada disana
disisiku kau kan kujaga
selama-lamanya

tangan kecil bidadari
lembutnya menyentuh pipiku
temaram senja yang menghadang
ragu ku menghilang

oh tuhan maafkanlah,, dosa ini
yang terus menghibur diri
ku dengar malaikat bernyanyi
nyanyikan lagu tentang mimpi
mimpi indah yg kutinggalkan, kini
sebut namaku skali saja
ku kan slalu ada disana
disisiku kau kan kujaga
selama-lamanya…
ooouuuwuuuuoooohhhooooooo…….

Sabtu, 17 September 2011

RPP Nilai dan Norma (pertemuan 1) PPL Tengaran


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP)

Satuan Pendidikan    : SMAN 1 Tengaran
Kelas/Semester          : X / I
Mata Pelajaran           : Sosiologi
Jumlah Pertemuan     : 1 x pertemuan
Alokasi Waktu          : 2 x 45 menit
         

A.      Standar Kompetensi    
Memahami perilaku keteraturan hidup sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat.

B.       Kompetensi Dasar
Mendiskripsikan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat.

C.      Indikator  
1.      Menjelaskan  pengertian nilai sosial
2.      Mengidentifikasikan nilai sosial

D.      Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran, siawa diharapkan dapat :
1.      Menjelaskan  pengertian nilai sosial
2.      Mengidentifikasikan nilai sosial

E.       Materi Pembelajaran         
Nilai sosial meliputi : 1. Pengertian nilai sosial.
2. Ciri-ciri nilai sosial.
3. Jenis-jenis nilai sosial.
4. Fungsi nilai sosial.
F.   Model dan Metode  Pembelajaran
  1. Model Pembelajaran : Examples Non Examples
2.      Metode Pembelajaan
-          Eksplorasi
-          Cermah Bervariasi
-          Diskusi

G. Kegiatan pembelajaran
1.      Kegiatan Pendahuluan
a.       Melakukan apersepsi dengan cara memberikan pertanyaan dan mendiskusikan tugas minggu lalu.
b.      Guru memberikan motivasi
c.       Guru menyampaikan tujuan pembelajaran

2.      Kegiatan inti
Eksplorasi
a.  Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik nilai sosial.
b.   Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya

Elaborasi
a.    Guru mempersiapkan gambar lalu membagikan gambar kepada siswa.
b.    Guru memberi petunjuk dan memberi kesempatan kepada siswa untuk mengamati gambar.
c.    Melalui diskusi kelompok 4 orang, siswa menganalisis gambar dan mencatat analisisnya dalam kertas kerja.
d.   Tiap kelompok diberi kesempatan untuk membacakan hasil diskusinya.
e.    Kesimpulan .

Konfirmasi
a.    Memberikan umpan balik positif dan penguatan terhadap keberhasilan peserta didik.
b.    Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik.
c.    Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
d.   Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar.

3.      Kegiatan Penutup
a.       Guru bersama siswa membuat rangkuman
b.      Melakukan refleksi
c.       Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

H.    Sumber Belajar :
a.       Buku Sosiologi untuk SMA/MA kelas X (Yudhistira dan Aneka Ilmu).
b.      Buku Ajar Acuan Pengayaan Sosiologi SMA/MA kelas X semester 1 (Fokus).


                                                                                Tengaran, 17 September 2011
Mengetahui,
Guru  mata pelajaran                                                           Mahasiswa Praktikan


Sri Mulyani,  S. Pd.                                                             Arif Mokhammad Yusuf
NIP:                                                                                     NIM : 3501408078




LAMPIRAN I
(Materi Pembelajaran)

NILAI DAN NORMA

NILAI SOSIAL
1.      Pengertian Nilai Sosial
Dalam menjalankan kehidupan sehari – hari, segala tindakan kita di batasi oleh berbagai aturan, nilai, maupun norma sosial sehingga kita tidak bisa bertindak seenaknya. Seperangkat nilai dan norma di masyarakat berperan dan berfungsi untuk mengatur tata kehidupan setiap anggota masyarakat sebagai makhluk sosial untuk membentuk keteraturan yang berlandaskan pada sistem budaya.
Nilai dan norma sosial pada awalnya terbentuk dengan tidak disengaja, karena danya interaksi yang menuntut suatu pedoman hidup yang lama –kelamaan terbentuk secara sadar. Nilai dan norma sosial saling berkaitan dan bertujuan menciptakan masyarakat yang teratur dan harmonis.
Nilai adalah sesuatu yang dianggap baik dan benar yang dicita-citakan oleh warga. Agar nilai dapat terlaksana maka dibentuklah norma yaitu ketentuan yang berisi perintah dan larangan yang dilengkapi dengan sanksi.
Nilai (Value) mengacu pada pertimbangan terhadap suatu tindakan, benda, cara untuk mengambil keputusan bahwa nilai itu mempunyai nilai kebenaran, nilai keindahan, dan nilai ketuhanan.
·      Nilai merupakan kumpulan sikap dan perasaan-perasaan yang diwujudkan melalui perilaku yang mempengaruhi perilaku sosial orang yang memiliki nilai tersebut.
·      Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, nilai didefinisikan sebagai kadar, mutu, atau sifat yang penting dan berguna bagi kemanusiaan.
·      Nilai sosial merupakan sikap-sikap dan perasaan yang diterima secara luas oleh masyarakat dan merupakan dasar untuk merumuskan apa yang benar dan apa yang penting.

Beberapa definisi dikemukakan oleh para ahli menegnai nilai sosial adalah sebagai berikut :
a.       Kimball Young merumuskan nilai sosial sebagai unsur-unsur yang abstrak dan sering tidak disadari tentang benar dan pentingnya.
b.      A.W. Green merumuskan nilai sosial sebagai kesadaran yang berlangsung secara relative, disertai emosi terhadap objek dan ide perorangan.
c.       Woods mengatakan bahwa nilai sosial merupakan petunjuk umum yang telah berlangsung lama, yang mengarahkan tingkah laku dan kepuasan dalam kehidupan sehari-hari.

2.    Jenis – Jenis Nilai Sosial
Menurut Notonegoro nilai sosial terbagi menjadi 3 macam, yaitu
1)      nilai material yaitu segala sesuatu yang berguna bagi jasmani manusia
2)      nilai vital yaitu segala sesuatu yang diperlukan manusia untuk beraktivitas.
3)      nilai rohani , yaitu segala sesuatu yang berguna bagi pemenuhan kebutuhan rohani. Nilai rohani dibedakan menjadi :
a.       Nilai kebenaran dan nilai empiris yaitu nilai yang bersumber dari proses berfikir atau akal manusia
b.      Nilai keindahan, yaitu nilai yang bersumber dari unsur rasa manusia
c.       Nilai moral, yaitu nilai yang bersumber dari karsa dan etika
d.      Nilai religius, yaitu nilai yang berisi keyakinan terhadap Tuhan YME.

3.    Ciri – Ciri Nilai Sosial
Dari pengertian-pengertian di atas, dikemukakan ciri-ciri nilai sosial. Beberapa cirri nilai sosial adalah sebagai berikut:
1)      Tercipta dari proses interaksi antar manusia secara intensif dan bukan perilaku sejak lahir. Contohnya adalah orangtua mengajarkan disiplin sejak kecil pada anaknya agar sang anak menghargai nilai waktu.
2)      Ditransformasikan melalui proses belajar yang meliputi sosialisasi, akulturasi dan difusi. Contohnya adalah nilai menghargai persahabatan dan proses sosialisasi dengan teman-teman sekolahnya.
3)      Ukuran atau peraturan sosial yang turut memenuhi kebutuhan-kebutuhan sosial. Contohnya adalah mengikuti budaya aturan antre agar sesorang bisa tertib pada peraturan.
4)      Berbeda-beda pada tiap kelompok. Contohnya adalah Di Eropa keterlambatan waktu tidak diberikan toleransi, sebaliknya Indonesia keterlambatan waktu masih dapat dimaklumi.
5)      Nilai mempunyai efek yang berbeda-beda bagi tindakan manusia. Contohnya adalah uang membuat orang mempunyai arti yang berlebih.
6)      Cenderung berkaitan satu sama lain dan membentuk sistem nilai.

4.    Fungsi Nilai Sosial yaitu :
a.       Sebagai faktor pendorong, berkaitan dengan nilai – nilai yang berhubungan denagn cita – cita atau harapan.
b.      Sebagai petunjuk arah dari cara berfikir, berperasaan dan bertindak ; panduan menentukan pilihan ; sarana untuk menimbang penilain masyarakat; pengumpulan orang dalam suatu kelompok sosial.
c.       Sebagai alat pengawas dengan daya tekan dan pengikat tertentu. Nilai sosial mendorong, menuntun dan kadang menekan para individu untuk berbuat dan bertindak sesuia dengan nilai yang bersangkutan.
d.      Sebagai alat solidaritas kelompok atau masyarakat.
e.       Sebagai benteng perlindungan atau penjaga stabilitas budaya kelompok atau masyarakat.

Lampiran II
(Penilaian Hasil Pembelajaran)

TES TULIS

Pilihan Ganda
1.      Sesuatu yang dianggap berharga , berguna , dan pantas oleh seseorang disebut ….
a.       Norma                                     d. moral
b.      Nilai                                        e. tindakan
c.       hobi

2.      Contoh nilai yang sudah melembaga dalam kehidupan masyarakat antara lain ….
a.       gotong royong                        d. konsumeristik
b.      sikap individualistic                e. nepotisme
c.       sikap materialistik

3.      Contoh nilai yang mendarah daging di bawah ini adalah ….
a.       setiap hari ibu memberi jajan kepada anaknya
b.      ayah setiap hari berpesan kepada ibu agar menjaga anak-anak dengan baik
c.       seorang prajurit berjuang sampai titik darah penghabisan untuk mempertahankan diri dari serangan musuh
d.      selamatan tujuh bulan selalu dilakukan oleh masyarakat tertentu bagi wanita hamil anak pertama
e.       larangan buang air kecil di sembarang tempat bagi orang-orang yang beradab

4.      Nilai material adalah segala sesuatu yang . . . .
a.   Menyangkut kebutuhan fisik manusia
b.   Berguna untuk suatu aktifitas dalam hidupnya
c.   Berguna untuk memenuhi kebutuhan rohani
d.   Berasal dari proses berpikir yang teratur
e.   Berasal dari unsur rasa atau estetika manusia

5. Berikut ini merupakan ciri – ciri dari nilai sosial, kecuali…..
a. Bukaan bawaan lahir, tetapi disebarkan atau disosialisasikan melalui anggota masyarakat yang satu pada orang lain
b. Tidak memiliki efek yang berbeda terhadap individu dan masyarakat
c. Tercipta melalui interaksi social
d. Melibatkan unsur emosi kejiwaan dan mempengaruhi pengembanagn pribadi, baik positif maupun negatif
e. Bervariasi antara kebudayaan yang satu dengan yang lain

Essay
1.  Apa yang dimaksud dengan nilai sosial !
2.  Sebutkan 3 macam nilai sosial menurut Notonegoro ?
3.  Berikan contoh nilai keindahan yang ada di lingkungan sekitar anda!


Penilaian proses :
            
Format Penilaian Diskusi
Nama Peserta Didik : ............................                                          Kelas : .........
           
No.
Nama
ASPEK PENILAIAN
Total nilai

Presentasi

Sikap
Keaktifan
Wawasan
Kemampuan mengemukakan pendapat

Kerja sama













Keterangan: nilai maksimal 20


LEMBAR OBSERVASI DISKUSI
No
Nama Siswa
Aspek yang Dinilai
Skor/ Jumlah
1
2
3
4
5
6














Aspek yang dinilai:
1.  Kemampuan menyampaikan pendapat.
2.  Kemampuan memberikan argumentasi.
3.  Kemampuan memberikan kritik.
4.  Kemampuan mengajukan pertanyaan.
5.  Kemampuan menggunakan bahasa yang baik.
6.  Kelancaran berbicara.

Penskoran:                                                                 Jumlah skor:
A. Tidak Baik             Skor 1                                      24—30 = Sangat Baik
B. Kurang Baik           Skor 2                                      18—23 = Baik
C. Cukup Baik                        Skor 3                                      12—17 = Cukup
D. Baik                        Skor 4                                      6—11 = Kurang
E. Sangat Baik                        Skor 5